Tentang Blog

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bulan 9 Tahun  1999 , saya terlupa tanggalnya barangkali tanggal 9 juga (mungkin salah, habis lupa) langkah kaki mengayun menuju ke Sulawesi Selatan, tepatnya di Kota Enrekang. Sebuah kota Kabupaten yang keadaan topografi  wilayahnya didominasi oleh bukit-bukit/gunung-gunung yaitu sekitar 84,96% dari luas wilayah, sedangkan yang datar hanya 15,04%. Keindahan alam pegunungannya mengikis keinginan hati di awal perjalanan untuk kembali ke tanah kelahiran di Jawa.

Blog ini juga terlahir, dengan pertimbangan blog yang sudah ada (ASaFN2 /adiwarsito.wordpress.com) memiliki prioritas isi yang berbeda sehingga untuk menampung keinginan menulis dan memandang sesuatu dalam bentuk catatan atau artikel tentang enrekang dapat tersalurkan. Juga adanya keinginan menulis tentang apa saja walaupun hanya sedikit pengetahuan dikuasai dan tidak berarti juga kemudian asal-asalan menulis.  Ada yang mengatakan tahapan berfikir manusia diawali dengan pemanfaatan pancaindera sehingga menjadi tahu dan mendapatkan pengetahuan, selanjutnya dengan belajar lagi manusia mulai mendapatkan arti-arti tentang sesuatu (mengerti), setelah mengerti dengan terus belajar dan mendalami tentang sesuatu seseorang akan faham ( memahami).

Ada nasehat tentang belajar, “cara belajar yang paling efektif adalah menyampaikan kepada orang lain”  dengan sedikit pengetahuan yang ada kalau kita menyampaikan kepada orang lain, ada motivasi dalam diri kita untuk lebih mengetahui, mengerti dan memahami apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut.

“Al ‘Ilmu Nuurun”, Ilmu bagaikan cahaya rembulan. Kenapa bukan cahaya matahari ? Rembulan atau bulan tidaklah memiliki sumber cahaya sendiri tetapi bulan dengan aktivitas rotasi dan recolusinya menjadi bercahaya karena disinari oleh matahari yang merupakan salah satu bintang yang memang memiliki sumber cahaya sendiri. Jadi kita selaku manusia yang sebelumnya tidak memiliki pengetahuan (diibaratkan bulan) dengan ikhtiar belajar dan akhirnya mendapatkan ilmu pengetahuan tentang sesuatu maka saya berkewajiban memantulkannya kepada orang lain. ” Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat”

“Teropong Enrekang”  mencoba memberikan sesuatu kepada siapapun yang membutuhkan informasi atau sekedar ingin mengetahui perkembangan yang berlangsung di Enrekang, apakah tentang Budaya, Obyek Wisata, Kuliner, Kehidupan keseharian masyarakatnya dan lain-lainnya.

Semoga bermanfaat

Wassalam

  1. tolong infonya tentang acara massipulung dan acara mattojang di desa pasang

  2. Blog dan ceritanya sangat menarik, terutama tentang belajar yang diibaratkan sebagai bulan. Saya sangat tertarik dengan apa saja yang berhubungan dengan nama Enrekang, apalagi di Blog ini memakai bahasa yang baku, sehingga relative mudah di pahami – terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: